Jumat, 30 Desember 2011

Berhasil! Berhasil!

Kehabisan kawat. Tidak sempat berbelanja, cuaca juga tidak bersahabat. Tangan gatal juga sih ingin bermain kawat. Akhirnya mencari kesibukan positif yang lain di rumah. Ngoprek blog jadi pilihan murah meriah. Nambah ilmu pula. Memasang jam dan kursor di blog sih gak ada sulitnya. Tapiiiiiiii...... saya bosan dengan favicon. Itu tuh singkatan dari favorit icon yang biasa muncul di samping kiri alamat situs kita. Dulunya kan yang terpasang adalah gambar tigger nungging. Mau saya ganti gambar nohohon zoku yang saya punya atau gambar pooh penerbang seperti gambar profil g+. Sudah saya otak-atik tapi mengapa ya gambarnya tetep aja gak mau ganti. Gambar tigger nungging itu seakan-akan lengket bak di-semen. Baca di sana-sini... semuanya menyatakan yang sama. Hapus cookies. Nah saya kan ndak tau cookies itu di mana-nya komputer, yang paling gampang sih tanya ke suami. Minta tolong dihapuskan cookies-nya. Eh yang saya bahas bukan cookies yang berarti kue loh ya.. tapi serangkaian teks yang disimpan komputer kita ketika kita membuka situs web. Setelah cookies dihapus, tidak ada perubahan terhadap favicon blog saya. Walaupun saya bertanya ke suami, tapi segala prosesnya saya intip kok, gak nyerah gitu aja. Oke... saya mulai berfikir... Mungkin yang masalah adalah mozilla firefox-nya. Ya, boleh pakai chrome lah... Saya download dulu, saya install dulu... Saya coba mengubah favicon di chrome. Berhasil?? Belum kawan!! Saya sampai puyeng. Duuuuuhhh kenapa nih gak nurut sama perintah saya.

Penasaran masih menguar. Saya membaca begitu banyak forum, membaca beberapa blog. Sampai akhirnya ada yang menyatakan kalau cache juga perlu dihapus. Udah deh saya geluti dulu. Bismillah yang kenceng. Blog di log out dan di log in. Daaaaaaaaaaaaaan..... Berhasil! Berhasil! Favicon saya berubah dari tigger nungging ke gambar pooh penerbang. Misi sukses nih ceritanya. Belakangan saya baru tau kalau cache itu adalah daerah memori cepat yang menyalin data. Latar belakang pendidikan saya bukan di bidang perkomputeran, wajar kan kalau buta sama sekali. Langkah-langkah keberhasilan saya mengubah favicon ada di bawah ini:

  1. Klik "Design" pada dashboard blog
  2. Cari dan klik tulisan "Edit" yang sejajar dengan kata favicon (Gambar 1), kemudian masukkan gambar yang diinginkan dengan klik "Browse" lebih dahulu (Gambar 2) kemudian klik "SAVE"
  3. Simpan favicon baru di blog dengan cara klik "SAVE" di bagian ujung kanan atas (Gambar 3)





Supaya gambar favicon baru mau muncul maka cache harus dihapus lebih dulu. Caranya cukup mudah. Saya memakai mozilla firefox. Klik "Tools" di bagian paling atas dari layar mozilla firefox kemudian klik "Clear Recent History" (Gambar 4). Centang kotak "Cache" dan pilih "Everything" untuk mengisi Time range to clear. Hapus cache dengan klik "Clear Now" (Gambar 5). Gampang sekali kan ternyata?!




Untuk menyakinkan, saya log out dulu dari blog kemudian saya log in lagi. Saya buka situs saya.... Taaaaraaaaa favicon saya sudah berubah sesuai keinginan. Oia.. format gambar untuk favicon ini tertentu ya.. yaitu *ico. Untuk membuat gambar favicon juga sangat mudah. Tinggal memasukkan gambar yang kita mau ke favicon generator dan beres. Gratis kok. Semuanya mengandalkan jaringan internet hihihihihi.... Mau bisa kudu usaha. Setidaknya mau membaca plus mau praktek. Jangan menyerah dan jauhkan rasa malas.

0 comments: