Senin, 12 Desember 2011

Secangkir Teh Kapulaga

Sudah lama saya ingin membeli teh kapulaga di salah satu toko kebab. Murah meriah, Rp. 3.000, - saja untuk satu gelas teh kapulaga. Tapiiiiii.... saya tak pernah punya waktu untuk keluar rumah. Waktu saya banyak tersita di dalam rumah. Di depan komputer. Hingga awal bulan lalu saat belanja bulanan, saya sempatkan membeli satu bungkus kapulaga. Harganya Rp. 2.300,-. Waaaahhh bisa jadi berapa gelas ya ini??


Saya hampir lupa kalau punya kapulaga. Saat beres-beres di dapur, selain menemukan kapulaga, saya juga menemukan kayu manis. Bingung juga bagaimana resepnya. Saya buka internet.. Saya cari yang kira-kira praktis. Gak ada yang sreg nih.. Ribet caranya.. Modifikasi aja yuukk...

Bahan:
  • dua cangkir air
  • 4 butir kapulaga
  • 1 cm kayu manis
  • 1 lembar teh celup
  • gula secukupunya

Cara:
Rebus air hingga mendidih, masukkan kapulaga dan kayu manis. Didihkan sampai harum (kapulaga ditekan-tekan sampai pecah dan bijinya keluar). Teh dicelup-celupkan hingga berwarna merah. Masukkan gula, aduk hingga larut. Angkat dari api, hidangkan bersama kapulaga.


Akhirnya jadi juga teh kapulaga idaman saya. Rasanya hampir sama dengan yang biasa saya beli di toko kebab. Cocok sekali diminum saat hujan seperti ini. E-boy pun suka dengan teh kapulaga buatan saya. Cangkir belum juga dingin tapi isinya tandas dengan cepat. Si bocah ganteng menghabiskan tanpa ampun. Saya dan suami hanya bisa memandangi dengan ikhlas. Lain kali perlu membuat dalam ukuran jumbo biar tidak berebut lagi.

0 comments: