Selasa, 25 Desember 2012

[DIY] Bolero dari Selembar Pashmina

Saat melongok lemari, kagetlah saya ini melihat lembaran-lembaran pashmina yang lumayan banyak jumlahnya. Semuanya pemberian dan oleh-oleh. Secara pribadi saya kurang suka memakai pashmina apalagi E-boy masih usia aktif bin pecicilan. Kalau saya pakai kerudung, pasti ditarik-tarik hingga tak berbentuk. itulah sebabnya saya lebih suka memakai kerudung instan yang tidak terlalu panjang. Sehingga pashmina-pashmina ini hanya mendekam memenuhi lemari.

sederhana namun cantik bukan?
Sayang sekali kalau tidak digunakan, begitu pikir saya. Dari beberapa pashmina yang saya punya, pashmina berwarna hijau menjadi pilihan saya untuk diubah menjadi bolero. Sebetulnya ide ini saya dapat dari seorang teman fb (dari selendang kain tenun). Kemudian saya kembangkan sendiri sehingga sedikit berbeda. Bolero seperti foto di atas saya jahit sederhana dengan tangan. Loh kenapa tidak memakai mesin jahit? Alasannya karena memang tidak bisa menjahit pakai mesin, juga tidak memiliki mesin jahit hihihihi... Pencarian ide ini cukup lama (tidak mau mencontek 100%), proses menjahitnya pun melalui yang namanya bongkar pasang. Dan ini tutorial sederhana dari bolero yang saya pakai:

bayangkan kertas ini adalah selembar pashmina yaa..
  • Bentangkan pashmina di tempat datar (no 1)
  • Lipat secara horizontal menjadi dua bagian yang sama besar (no 2)
  • Jahit bagian A di kiri dan kanan pashmina (no 3) kira-kira sepanjang 30 cm atau sesuai postur badan masing-masing orang
  • tekuk salah satu sisi bagian tengah (bagian yang tidak dijahit) ke arah luar kemudian dijahit, bagian tengah ini dimaksudkan sebagai kerah bolero
  • siap untuk dipakai
Mudah bukan membuatnya? Saya jamin tidak memakan waktu lama. Sekitar 30 menit kalau menjahit dengan tangan. Untuk mempermanis bisa ditambahkan bros seperti yang saya pakai di bagian tengah dada. Dipakai tanpa bros pun juga oke kok. Pakaian dan tata rias wajah tinggal disesuaikan dengan acara yang akan dihadiri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat yaa...

0 comments: