Rabu, 09 November 2011

Mengatur Jarak Kelahiran

Anak adalah rezeki. Kedatangannya tidak boleh ditolak namun bisa diatur jarak kelahirannya. Usaha boleh dilakukan, yang menentukan mutlak adalah Allah SWT. Ada banyak metode untuk mengatur jarak kelahiran. Selama menikah, kami memilih metode sealami mungkin. Tidak ada efek samping. Kelemahan metode alami ini adalah perlunya kedisiplinan dan pengenalan tubuh sebaik mungkin. Juga komunikasi suami istri yang cukup lancar, termasuk saling pengertian.
  1. Metode Kalender
    Prinsipnya adalah tidak melakukan hubungan suami istri pada masa subur. Masa subur berlangsung kurang lebih satu minggu. Ovulasi terjadi di puncak masa subur, umumnya di hari ke-14. Andaikan mestruasi terjadi tanggal 1 maka ovulasinya di tanggal 14. Rentang masa subur adalah 3 hari sebelum ovulasi sampai 3 hari sesudah ovulasi. Berarti masa subur adalah tanggal 11-17. Ruwet? Sekarang banyak situs yang menyediakan perhitungan kapan terjadinya ovulasi kok (salah satunya di sini atau ini). Kita tinggal memasukkan kapan tanggal pertama terjadinya menstruasi dan panjang siklus menstruasi kita (panjang siklus berkisar 28-35 hari). Lalu kita bisa baca hasilnya dan menandai di kalender yang ada di kamar (biar suami pun tahu kapan masa subur).
  2. Metode Ovulasi Biling (MOB)
    Metode MOB ini sangat bergantung pada kemampuan kita mengenali tubuh sendiri. Secara detil bisa dibaca di alamat ini. Mungkin kita agak kerepotan kalau harus mengamati banyak parameter dan dalam satu siklus menstruasi. Coba saja amati bagaimana tubuh kita setelah menghitung sesuai metode no 1. Amati pola lendir saja selama 7 hari. Berdasarkan pengalaman pribadi, lendir akan mulai muncul di awal masa subur (hari ke 11-14). Semakin lama semakin jernih dan semakin mulur. Saat Ovulasi (hari ke 14), lendir akan paling jernih dan paling mulur, bila direntangkan bisa sepanjang kurang lebih 10 cm tanpa putus. Penentuan kapan ovulasi bisa memiliki dua tujuan --> kehamilan atau malah menghindari kehamilan.
  3. Metode Menyusui Eksklusif (LAM - Lactational Amenorrhea Method)
    Dengan menyusi secara ekslusif, siklus menstruasi bisa berhenti selama beberapa bulan sehingga kehamilan pun tidak terjadi. Metode LAM memiliki beberapa syarat yang cukup ketat, di antaranya (penjelasan lengkap ada di kellymom.com dan di sini):
    • usia bayi kurang dari 6 bulan
    • siklus menstruasi belum kembali setelah masa nifas selesai
    • bayi menyusu langsung siang dan malam sesuai kebutuhan
  4. Metode Coitus Interruptus
    Dibaca di sini aja yaaa.... (malu bener nih saya)
  5. Penggunaan kondom atau femidom (kondom buat wanita) juga bisa digunakan sebagai plan B (eh termasuk metode alami bukan ya??)
Perencanaan kelahiran yang sesuai dengan kondisi masing-masing keluarga akan semakin menambah kebahagiaan dan kesejahteraan lho.... Betul tidak?

0 comments: