Senin, 11 Februari 2013

Cumi-Cumi Bumbu Hitam

Masakan ini sudah menjadi favorit saya sejak kecil. Tidak disangka, suami pun menyukainya juga (apa ya yang gak disukai suami?!). Biasanya saya memesan mama untuk memasakkan menu ini. Tapiiii... karena sekarang jarak tempuh ke rumah mama lumayan jauh. Maka, saya terpaksa menyingkirkan rasa enggan dan geli. Beberapa gram cumi-cumi pun mulai saya olah.

Bahan:
200 gram cumi-cumi segar
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
2 buah cabe rawit
2 ruas jari kunyit
3 cm laos
gula
garam
minyak untuk menumis




Cara Membuat
  • geprek laos dan kunyit, sisihkan
  • iris tipis bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit
  • potong tomat seukuran dadu
  • cuci cumi-cumi segar (jangan terlalu bersih agar warna hitamnya tetap tersisa) dan iris sesuai selera
  • tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan cabe juga laos dan kunyit
  • tambahkan tomat, aduk hingga rata dan layu
  • masukkan potongan cumi-cumi segar
  • masak hingga cumi-cumi matang, tambahkan gula dan garam sesuai selera
  • siap disajikan
Begitu matang, masakan ini bisa langsung habis dikonsumsi. Tak perlu menunggu dua-tiga kali makan. Sekali makan aja bisa habis oleh kami bertiga. Terkadang supaya sedikit awet dan saya tak perlu masak beberapa kali sehari, saya suka menambahkan potongan kentang rebus (tips irit tenaga dan rupiah).
Selamat mencoba ...

2 comments:

Anonim mengatakan...

bisa ngga ya cuminya di kasih pewarna makanan supaya ngga keliatan hitam, kan ada yang ngga suka dengan warna hitam.
resep masakan

Oktavera Rahardi mengatakan...

@Gigih Santoso: sepertinya tidak usah diberi pewarna,, tetapi cukup cuci bersih cumi hingga bersih... hingga warna hitam terbuang semua.. dari pengalaman, beli cumi-cumi di pasar tradisional dengan di supermarket sangat berbeda. Yang dibeli di supermarket sudah sangat bersih sehingga ketika dimasak tidak ada lagi warna hitam (waktu itu saya masak dengan bumbu yang mengandung kunyit, jadinya masakan cumi saya berwarna kuning cerah).