Selasa, 02 April 2013

[DIY] Organizer Bag

Melihat tumpukan sampah setelah beberes rumah itu meninggalkan rasa bersalah. Tak ingin menambah jumlah sampah yang harus diurai bumi tercinta, saya akhirnya tidak melempar beberapa barang ke tong sampah. Barang tak terpakai seperti tas jaman kuliah dan tas spunbond diolah menjadi barang bermanfaat lainnya, yaitu sebuah organizer bag.

tas jaman kuliah yang sudah kusam dan tas spunbond gratis

Organizer bag?? Itu tuh tas yang punya banyak ruang untuk menyimpan aneka barang bawaan saat bepergian. Saya dulu tidak membawa banyak barang saat pergi. Tetapi ketika punya anak, ya Allah, kenapa ya membengkak tiada terkira?! Botol minum wajib dibawa. Dan botol minum rentan terguling kemudian isinya menggenangi tas kesayangan.

Mau mengeluarkan uang untuk membeli organizer bag juga malas. Maklum emak irit semacam saya ini bisa dikatakan pelit. Kalau bisa membuat sendiri ya buat sendiri aja. Ngapain harus beli?! Kita hanya perlu menyisihkan waktu beberapa menit saja kok (1-2 jam). Benar-benar tidak mengeluarkan biaya loh. Tetapi manfaat yang didapat luar biasa!

sederhana kan? ruang-ruang bisa dibuat sesuai kebutuhan

organizer bag yang terisi penuh dan siap diaplikasikan ke tas-tas kesayangan

Mudah saja membuat organizer bag sederhana seperti foto di atas. Alat yang dibutuhkan sekedar jarum, gunting, dan benang. Buang bagian pegangan pada masing-masing tas. Kemudian tas spunbond dipotong menjadi dua bagian yang sama besar. Dari masing-masing bagian tas spunbond dijahit menjadi beruang-ruang yang besar kecilnya ruang disesuaikan dengan kebutuhan.

Yang agak sulit adalah menjahit spunbond yang telah beruang-ruang ke dalam tas yang akan dijadikan organizer bag. Triknya adalah menggunakan double tape. Ketika sudah menempel, kita bisa menjahitnya dengan damai sentosa tanpa masalah (bergeser-geser). Saat yang paling menegangkan adalah ketika memasukkan semua bawaan ke dalam organizer bag.

Sungguh puas rasanya ketika semua barang masuk dengan sempurna. Tidak berantakan. Memudahkan saat mengambil dan mengembalikan barang ke dalam tas. Hati saya semakin sumringah saat mengaplikasikan organizer bag ini ke dalam tas kesayangan. Rapi jali. Tidak ada kesulitan saat mencari kunci rumah, hape, dompet, bolpen dll. Botol minum berdiri tegak tanpa insiden tumpah.

Love! Love it!

0 comments: