Selasa, 13 Maret 2012

Hami Hami Maou Chan Beranak!

"Haaaa..... punya anak??!!", begitu jawab saya setengah sadar dengan muka bengong beberapa jam yang lalu. Pasalnya suami membangunkan saya di tengah malam... "Ve.. Ve.. Hami Hami punya anak!". Bagaimana saya tidak bengong,, kami itu belum membelikan pejantan! Saya langsung menengok Hami Hami dan memang benar ada bayi hamster yang masih merah!! Ada satu. Berarti saya membeli hamster yang sedang hamil!! Tak lama kemudian terlihat ada gerakan di bawah gundukan serutan kayu. Saya menduga ada dua bayi hamster. Kuatir juga dengan kondisi satu bayi hamster yang diabaikan oleh Hami Hami tapi saya dan suami tak bisa melakukan apa-apa. Hamster binatang soliter dan sangat teritorial. Bila stres atau kekurangan makan bisa-bisa memakan anaknya sendiri. Dia juga tahu mana anak yang sehat/bisa bertahan hidup dengan yang cacat/akan mati. Kami menemani Hami Hami cukup lama. Saya jadi tahu sendiri bagaimana Hami Hami melahirkan bayi ketiganya.


Sekitar empat hari belakangan saya memang curiga dengan kegiatan nesting alias nyarang yang dilakukan Hami Hami. Dia tampak lebih sibuk. Selalu membuat gundukan serutan kayu di tempat tertentu. Suka sekali menyimpan makanan dalam jumlah besar di gundukan serutan kayu lain. Dan perutnya menggendut luar biasa. Gitu itu saya masih suka iseng. Suka memporak-porandakan hasil kerja Hami Hami. Dan sangat suka mencolek-colek perut gendutnya dengan pensil. Semakin dia marah semakin puas saya menggodanya (jangan ditiru loh ya). Bahkan sehari kemarin saya masih berfoto-foto dengan si Hami Hami.

Hami Hami sehari sebelum melahirkan

Kemarin malam pun masih saya ajak bermain heboh. Jatuh berkali-kali dari tangan saya. Untungnya saya dalam posisi duduk jadi si Hami Hami tidak sampai jatuh fatal. Bagian perutnya masih suka saya pencet-pencet dengan gemas. Saya jadi merasa sangat bersalah. Saat saya tinggalkan kemarin malam, hanya dua bayi saja yang dirawat Hami Hami. Saya tak berharap banyak pada bayi hamster yang ditinggalkan sendirian tertutup serutan kayu, saya bahkan tak tahu apakah dia cacat atau sempurna. Tetapi pagi ini saya mendapatkan ketiganya berada di dalam dekapan Hami Hami, kelihatan segar. Suara cicitannya terdengar keras. Semoga bayi-bayi hamster ini bisa bertahan sampai besar nanti ya... Hmmm.... saya akan mendapatkan anak-anak hamster dengan corak warna yang seperti apa ya??

3 comments:

Unknown mengatakan...

congrats ya... semoga sehat sampai besar ^^

Unknown mengatakan...

berarti ngga begitu keliatan ya hamilnya??

Oktavera Rahardi mengatakan...

@Dyah Pitaloca
mungkin daku yg belum pengalaman, gak bisa mbedakan mana hamster hamil dan enggak. tau-tau udah ada cicit bayi hamster *garuk-garuk kepala*